IBX5980432E7F390 5 Cara Mencegah Kehamilan Selain Menggunakan Kondom - Info Kesehatan

5 Cara Mencegah Kehamilan Selain Menggunakan Kondom


Meskipun memang tak sedikit pasangan yang ingin segera mendapatkan momongan pasca menikah, tetapi ada pula yang justru ingin menunda terjadinya kehamilan karena beberapa sebab seperti misalnya masalah pekerjaan. Biasanya pasangan yang ingin mencegah terjadinya kehamilan saat berhubungan intim memanfaatkan kondom sebagai salah satu cara untuk mencegah hal tersebut.
Namun ada beberapa cara yang bisa diterapkan selain menggunakan kondom untuk mencegah kehamilan. Tidak hanya dari pihak pria, dari pihak wanita juga harus berperan supaya tidak ‘kebobolan’. Berikut adalah beberapa cara untuk mencegah terjadinya kehamilan:

Catat siklus menstruasi  – Saat melakukan hubungan intim, wanita memang perlu mencatat siklus menstruasi mereka untuk mengetahui waktu aman untuk bercinta bersama dengan pasangan. Hubungan intim bisa dilakukan di antara hari ke 8 dan hari ke 20 dari siklus menstruasi pasangan wanita agar mengurangi resiko hamil.

Metode pull and pray – Dengan metode ini pria harus bisa mencegah agar sperma tidak sampai masuk ke dalam rahim.

Minum pil KB – Cara ini paling populer di kalangan masyarakat untuk mencegah terjadinya kehamilan yang tidak diinginkan.

Tanamkan alat tembaga berbentuk T – Alat ini termasuk alat kontrasepsi dalam rahim (AKDR) yang biasanya akan ditanamkan oleh dokter untuk mencegah kehamilan.

Sterilisasi – Cara ini terbilang cukup aman untuk mencegah kehamilan dan bisa dilakukan oleh pria maupun wanita. Sayangnya metode ini akan bersifat permanen, artinya pasangan tidak akan bisa mendapatkan anak di masa mendatang.

Disarankan memang tidak menunda untuk mendapatkan kehamilan, sebab dengan hadirnya anak di tengah keluarga akan menjadi pelengkap dalam rumah tangga bersama pasangan. [kabarmaya.co.id]

Berlangganan Untuk Mendapatkan Artikel Terbaru:

0 Komentar Untuk "5 Cara Mencegah Kehamilan Selain Menggunakan Kondom"

Posting Komentar